soal geometri analitik 1





Latihan Soal
(Susunan Koordinat)

1.      Titik B terletak pada ruas garis yang ujung-ujungnya A(4,7) dan C(8,1) sedemikian sehingga |AB|:|BC|=1:3, maka tentukanlah koordinat  titik B!
2.      Diketahui ruas garis dengan titik-titik ujung A(-5,-6) dan C(10,1). Buktikan bahwa titik B(4,-2) terletak pada garis itu!
3.      Gambarlah sebuah segitiga dengan titik-titik sudut A(0,1), B(2,5), dan C(-1,4). Buktikan bahwa segitiga tersebut merupakan segitiga sama kaki!
4.      Diketahui sebuah segitiga dengan titik –titik sudut P(-3,2), Q(0,-1), dan R(5,4). Buktikanlah bahwa segitiga tersebut merupakan segitiga siku-siku!
5.      Titik P (3,0) adalah titik pusat sebuah lingkaran, titik A(-2,7) adalah titik ujung sebuah garis tengahnya. Tentukanlah koordinat titik ujung lainnya dari garis tengah itu.

Latihan Soal
(Garis Lurus)

1.      Tentukan persamaan garis-garis mendatar yang memotong sumbu y di titik sejauh 5 satuan dari titik asal.
2.      Tentukan persamaan garis lurus yang melalui titik (-5,1) dengan gradien =-1
3.      Tentukan persamaan garis lurus yang melalui titik-titik (2,-1) dan (-5,4)!
4.      Tentukan persamaan garis lurus yang memotong sumbu x di sebuah titik 3 satuan sebelah kiri titik asala, dan memotong sumbu y di sebuah titik 2 satuan di atas titik asal!
5.      Tentukan titik-titik potong dengan sumbu – sumbu koordinat dan gradien dari garis x-2y+4=0. Kemudian gambarlah garis tersebut!

0 komentar:

Posting Komentar